Home » » DONGENG MASA KECIL

DONGENG MASA KECIL



Tetapi mereka, nenek moyang kami itu, bertindak angkuh dan bersitegang leher dan tidak patuh kepada perintah-perintah-Mu.( Neh 9:16)

Suatu ketika, kura-kura dan kancil berdebat tentang siapa yang lebih cepat. Mereka memutuskan untuk menyelesaikan debat itu dengan sebuah pertandingan. Mereka menyepakati sebuah rute dan memulai pertandingan. Kancil langsung memimpin dan berlari dengan lincah selama beberapa saat. Melihat dirinya berada jauh di depan kura-kura, kancil duduk di bawah pohon dan tidur! Sementara itu, kura-kura berhasil menyusul kelinci dan menyelesaikan pertandingan. Ia keluar sebagai pemenang dan akhirnya kancil harus mengakui akan kekalahan tersebut.

Kancil teramat kecewa atas kekalahan tersebut namun ia masih berharap ada pertandingan ulang. Ia berpikir keras dan menganalisa sebab kekalahannya dan ia menyadari bahwa penyebab kekalahan itu adalah karena ia terlampau percaya diri. Yang akhirnya mengakibatkan dirinya berlaku bodoh dan ceroboh, maka ia mengajak kepada kura-kura untuk mengadakan pertandingan ulang. Kura-kura dengan bijak menyetujui akan permintaan itu. Akhirnya pertandingan ulang dilakukan, kali ini kancil tidak berlaku ceroboh. Dari awal start, ia berlari dengan cepat dan akhirnya memenangkan pertandingan dengan meninggalkan kura-kura beberapa mil jauhnya.

Kali ini kura-kura berpikir keras, dan ia menyadari bila dilakukan tanding ulang kembali tidak mungkin bagi dia untuk memenangkan pertandingan tersebut bila mempergunakan format seperti ini. Ia pun berpikir keras dan setelah menganalisa kemampuan dan keahliannya maka kura-kura mengajukan suatu rute pertandingan yang berbeda dan ia ajukan kepada kancil, yang oleh kancil hal itu disetujui. Maka mereka pun mengadakan pertandingan kembali. Mereka pun mulai berlari meninggalkan garis start, kacil dengan konsisten berlari dengan kecepatan tinggi sehingga meninggalkan lawannya jauh sekali, hingga tibalah ia di pinggir sebuah sungai yang dalam. Kancil duduk termenung dan berpikir keras untuk dapat menyeberang sungai tersebut. Saat kancil masih duduk dan berpikir tibalah kura-kura dan dengan singgap ia menyeberang sungai serta meninggalkan kancil yang masih termenung di pinggir sungai. Akhirnya kura-kura yang memenangkan pertandingan ini.

Setelah pertandingan itu kini keduanya saling memahami akan keahlian masing-masing dan mereka pun kini menjadi sahabat karib. Dan pada saat itu di lingkungan tempat mereka diadakan pertandingan lari beregu yang masing-masing beranggotakan dua orang. Kancil dan kura-kura kini menjadi satu tim, mereka telah mengatur strategi yang baik untuk memenangkan pertandingan. Dari mulai garis start hingga mencapai pinggir sungai, kancil menggendong kura-kura dan saat menyeberang sungai bergantian kini kura-kura yang menggendong kancil. Dengan kerjasama tim dan srategi jitu akhirnya mereka berdua memenangkan pertandingan tersebut.

v     Jangan sombong dalam segala hal

v     Lambat namun konsisten adalah sesuatu yang bijak untuk di lakukan dalam mengerjakan sesuatu namun alangkah lebih baiknya apabila dengan kecepatan yang konsisiten kita kerjakan tugas tersebut.


v     Pelajari dan analisa keahlian atau karunia yang telah Tuhan berikan kepada kita dan asah terus ketrampilannya

v     Apabila tidak memungkinkan mendapatkan goal yang di harapkan dengan rencana awal ubahlah medan pertempurannya yang sesuai dengan keahlian kita


v     Jadilah tim yang solid dan tekun dalam menghadapi segala sesuatu, dengan kerja tim maka pelayanan kita akan semakin menjangkau banyak jiwa.

0 komentar:

Post a Comment

Blog Rankings

Arts Blogs - Blog Rankings