Home » » BAGIMANA MANUSIA MENEMUKAN API

BAGIMANA MANUSIA MENEMUKAN API

Jaman dahulu kala orang Indian Amerik tidak tahu bagaimana membuat api, tapi mereka tahu api itu ada karena mereka pernah melihat asap membumbung dari pulau yang dihuni suku cerpelai. Di pulau ini kilat menyambar dan membakar pohon.

Sayangngya, suku Indian tidak bias berenang sampai ke pulau, tapi  kelinci dating untuk membantu mereka. Ia menawarkan diri untuk pergi dan mencuri api itu.

“Aku bisa berlari lebih cepat daripada mereka,” kata kelinci itu. “Aku akan mencuri api dan cerpelai tidak dapat menangkapku”.

Lalu kelinci menutupi kepalanya dengan buah pinus dan berangkat.

Para cerpelai sedang pesta ketika ia sampai di pulau itu, dan mengundangnya  mengikuti tarian keramat mengelilingi api. Ini memang yang diharapkan kelinci itu! Ketika menari, ia bergerak semakin dekat ke api, sampai akhirnya buah pinus di kepalanya terbakar. Lalu ia pun kabur dengan cepat.


Cerpelai segera menyadari mereka tidak bisa menangkapnya, jadi mereka memanggil roh hujan untuk memadamkan api di kepala pencuri itu. Roh itu mendengar doa mereka dan menjawab, tapi kelinci itu bersembunyi di pohon berlubang dan tidak keluar sampai hujan berhenti. Ia kembali ke perkemahan teman-temannya, suku Indian, dan menyerahkan api pada mereka yang masih menyala sejak hari itu sampai sekarang.

0 komentar:

Post a Comment

Blog Rankings

Arts Blogs - Blog Rankings