Home » » TIGA KAKI DARI EMAS, BERSABARLAH!

TIGA KAKI DARI EMAS, BERSABARLAH!


Salah satu penyebab umum kegagalan adalah kebiasaan menyerah ketika kekalahan sementara. Setiap orang pernah merasa bersalah karena mudah sekali menyerah.

Seorang paman R.U. Darby terjangkit "demam emas" di masa-masa perebutan daerah emas. Ia pergi ke barat untuk menggali, dan menjadi kaya. Ia tidak pernah mendengar bahwa emas yang ditambang dari pikiran manusia lebih banyak daripada yang ditambang dari Bumi. Ia memelih sebidang tanah dan mulai bekerja dengan beliung dan sekop.

Setelah berminggu-minggu bekerja keras, ia akhirnya menemukan bijih emas yang berkilau. Ia membutuhkan mesin untuk mengeluarkan bijih itu. Diam-diam ia menutupi tambangnya, pulang ke Williamsburg, Marryland, lalu memberitahu kerabat dan tetangganya tentang "temuan" itu. Mereka mengumpulkan uang untuk membeli mesin yang dibutuhkan dan mengirimnya ke sana. Sang paman dan Darby kembali menambang.

Satu kereta bijih ditambang dan dikirim ke tempat peleburan. Hasilnya membuktikan bahwa mereka memiliki salah satu tambang emas terkaya di Colorado! Beberapa kereta lagi akan cukup untuk melunasi utang mereka. Kemudian mereka dapat mengeruk keuntungan.

Bor menghunjam tanah! Harapan Darby dan pamannya melambung tinggi! Kemudian terjadi sesuatu! Urat bijih emas itu menghilang! Mereka telah tiba di kaki pelang, namun emas itu tidak lagi ada di sana. Mereka terus mengebor, berusaha menemukan lagi, namun tidak membuahkan hasil. Akhirnya mereka memutuskan berhenti.

Mereka menjual mesin-mesin itu pada seorang tukang loak seharga beberapa ratus dolar, dan membawa kereta mereka kembali ke rumah. Tukang loak itu memanggil insinyur tambang dan melakukan sedikit kalkulasi. Insinyur itu berkata bahwa proyek itu gagal karena pemiliknya tidak terbiasa dengan "fault lines". Kalkulasinya menunjukkan, bijh emas itu dapat ditemukan hanya tiga kaki jauhnya dari tempat Darby berhenti mengebor! Tepat disitulah emas ditemukan.

Tukang loak itu memperoleh memperoleh jutaan dolar berbentuk bijih emas dari tambang karena ia tahu bahwa ia harus berkonsultasi dengan ahlinya sebelum menyerah. Mr. Darby memperoleh kembali kekayaannya ketika menemukan bahwa semangat dapat diubah menjadi emas. Penemuaan itu terjadi setelah ia terjun ke bisnis penjualan asuransi jiwa.

Mengingat dirinya pernah kehilangan harta karena menyerah tepat tiga kaki dari emas, Darby mengambil manfaat dari pengalaman kerjanya dulu, yaitu dengan berkata pada dirinya sendiri ,"Aku memang menyerah tiga kaki dari emas, tetapi aku tidak akanmenyerah karena orang berkata tidak ketika aku meminta mereka membeli polis asuransi". Darby menjadi salah satu dari sedikit orang yang menjual lebih dari $1 juta dolar asuransi setiap tahunnya. Ia memperoleh "kemampuan bertahan"-nya dari pelajaran yang ia dapat dari "kemampuan menyerah" di bisnis tambang emas.

Sebelum kesuksesan memasuki hidup seseorang, ia akan mengalami kekalahan sementara itu, dan mungkin, kegagalan. Ketika kekalahan menimpa seseorang, yang paling mudah dan paling logis adalah menyerah. Itulah yang dilakukan oleh kebanyakan orang.

Lebih dari 500 orang tersukses di negeri AS pernah memberitahu bahwa kesuksesan terbesar mereka muncul hanya satu langkah setelah mereka mengalami kekalahan. Kegagalan adalah penipu licik yang sangat memahami ironi. Ia senang sekali menjegal orang ketika kesuksesan sudah nyaris dalam rengkuhan.

(Sumber : Think And Grow Rich, Napoleon Hill)  

*Fault Lines : alur yang terbentuk dari pertemuan antara patahan kerak bumi dengan permukaan bumi.
 

0 komentar:

Post a Comment

Blog Rankings

Arts Blogs - Blog Rankings